Jumat, Januari 09, 2009

KERIUHAN NATAL


Pagi hari, hari itu hari raya Natal. Natal pagi aku ajak anak-anak ke Gereja St Antonius Kotabaru, Yogyakarta. Misa Natal Anak. Begitu banyak anak-anak berada di dalam dan di luar gereja. ada tempat khusus anak-anak dengan gelaran tikar di depan altar. Riuh rendah tetap mewarnai misa kali itu. Ciri khas anak-anak bila bertemu dengan teman-teman sebaya. Tak dapat dipungkiri dari awal hingga akhir misa selalu saja ada keramaian.

Tak henti-hentinya pendamping Bina Iman Anak mengingatkan untuk hening, terutama saat konsekrasi. Saat dimana mengenang perjamuan terakhir yang dilakukan Yesus dengan keduabelas muridnya, sebelum wafat dan sengsara di kayu salib. Dan ajaib, saat sakral itu, anak-anak semua hening (suasana yang jauh lebih tenang), semua tertuju dan menyembah akan kehadiranNya.

Kegaduhan terjadi lebih parah saat lepas misa. Pembagian parcel untuk anak-anak tidak teratur, berdesakan dan badan orang tua yang melesak dalam kerumunan membuat gerah. Meski tidak ada yang terluka (duh... kaya pembagian sembako di daerah IDT aja...) semua anak mendapatkan parcel itu. Terlihat semua anak senang.

Tidak ada komentar: