Sabtu, Desember 06, 2008

ADVEN TIBA

Masa Adven telah tiba. Natal menjelang. Kesibukan berlipat. Bingar lampu dan hiasan terpajang. Mengapa sekarang sering disebut "holiday"?

Beberapa waktu lalu aku sibuk klik sana klik sini untuk mencari dari mana asal muasal masa adven. Ada sedikit pencerahan dan aku berniat membuat artikel dari versi yang berbeda-beda itu. Kembali ke jaman dahulu, disemangati masa Prapaskah dimana ditandai dengan puasa, demikian juga awalnya, masa adven juga dijalani dengan puasa. Mungkin ada baiknya jika adven masa kini pun bisa mengambil makna dari sejarah masa lalu. Natal adalah sebuah pengharapan. Harapan akan penantian manusia.

Banyak yang telah melupakan atau malah tidak mengerti akan sejarah itu, karena kini era yang berbeda, orangpun punya cara yang berbeda. Bagiku, Natal memang sebuah perayaan. Perayaan akan kesyahduan tembang malaikat surga yang menari-nari bersuka atas kelahiran Anak Manusia.

2 komentar:

Inusa mengatakan...

ya.tuh mbak Mia, generasi sekarang malah memaknai natal dg kehura-huraan dan shoping. yg lebih gilanya lagi Mr. Santanya dibisniskan di mall2.
makaya setiap menjelang natal orang2 bukannya membicarakan persiapan persembahyangan di gereja, tapi malah sibuk mall. payah generasi sekarang mbak.

MIA Wulandari mengatakan...

Ditengah keadaan ekonomi yang katanya caru marut, hanya sedikit yang bisa memaknai hari raya dengan sederhana. Itu menjadi keprihatinan umat manusia seluruhnya.. seharusnya...
Thanks ya...